Minggu, 16 Desember 2012


Gugus Keamanan Laut Libatkan 8 KRI Dalam Operasi Di Selat Malaka Dan Natuna
ARMABAR : Komandan Gugus keamanan laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guskamlaarmabar) dengan Komandan Kolonel Laut (P) Arusukmono Indra Sucahyo pimpin gelar operasi dengan nama operasi Alur Pari-12 dan Taring Pari-12 dengan melibatkan lebih dari 8 (delapan) unsur Kapal Perang jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat.
Operasi Alur Pari digelar oleh Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat secara terus menerus dan berlanjut dalam rangka mengamankan alur laut Perairan Indonesia khsusnya di kawasan perairan Natuna sampai dengan kawasan perairan Pulau Bangka Belitung sebagai jalur lalu lintas pelayaran kapal–kapal niaga maupun para pengguna laut lainnya.
Sedangkan Taring Pari-12 sebagai salah satu Operasi yang digelar di perairan Selat Malaka sampai dengan perairan Sabang dalam rangka mengemban fungsi dan peran TNI Angkatan Laut guna menegakkan kedaulatan dan hukum di laut khususnya wilayah barat Indonesia.
Unsur-unsur KRI yang digelar dalam operasi Taring Pari-12 tersebut bertugas melaksanakan deteksi dini dan mengidentifikasi terhadap para pengguna laut khususnya di wilayah perairan yang memiliki tingkat kerawanan terjadinya tindak pelanggaran di laut.
Selama digelar operasi, unsur-unsur KRI bertugas melaksanakan pengejaran dan penangkapan serta penyelidikan terhadap kapal-kapal yang diduga melakukan tindak pelanggaran di laut. Dalam operasi Alur Pari-12 dan Taring Pari-12 kali ini melibatkan lebih dari 8 (delapan) Unsur KRI jenis Parchim, Patroli cepat FPB 57, Patroli cepat 40 antara lain KRI Pati Unus-384, KRI Welang-808, KRI Sigurot-864, KRI Silea-858 dan KRI Clurit-641, serta KRI Tenggiri-865.
Unsur-unsur yang dilibatkan dalam operasi tersebut, dua KRI jenis Kapal cepat Rudal KRI Clurit-641 yang sehari-hari dibawah pembinaan Satuan Kapal Cepat dengan Komandan Kolonel Laut (P) David Santoso dan KRI Welang-808 sehari-hari dibawah pembinaan Komandan Satuan Kapal Patroli Komando Armada RI Kawasan Barat (Satrolarmabar) Letkol Laut (P) Deni Septiana, S.I.(Dispen Armabar)

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar